SIDOARJO, IDPOST.CO.ID,- Profesi driver ojek online (ojol) yang setiap hari berada di jalanan sangat rentan dan memiliki resiko cukup tinggi mengalami kecelakaan ketika menjalankan pekerjaannya sebagai pelayan masyarakat.
Sebagai upaya pencegahan dan membantu penanganan saat terjadi resiko kecelakaan, Yayasan Respek Indonesia Siaga menggelar Kopdar bersama ojek online Surabaya Raya dengan tujuan memberikan edukasi tentang tindakan pra dan pasca kecelakaan.
Kegiatan tersebut dilaksanakan di DIIKOOPI Cafe, Jl. Raya Tenggilis No.12, Kendangsari, Surabaya, pada hari Kamis, (13/7/2023) yang didukung oleh BPJS-TK bersama RS. Mitra Keluarga dan dihadiri ratusan ojol Surabaya Raya.
Dalam kegiatan Kopdar tersebut dihadiri, Pimpinan Respek Indonesia, Rori Maulidi, Pembina Yayasan Respek Indonesia, Katno Wicaksono, Wakil RS. Mitra Keluarga, Ruben Liandoro, dr. Nur Flora Nita TB Sinaga dan dr. Sri Mawarti, Wakil dari BPJS-TK, Guguk Heru Triyoko dan ratusan driver ojek online.
Dalam kegiatan Kopdar tersebut Respek Indonesia menghadirkan narasumber yang berkualitas dan berkompeten dari RS. Mitra Keluarga dan BPJS-TK untuk memberikan informasi dan pengetahuan kepada driver dan relawan ojol Surabaya Raya.
dr. Nur Flora Nita TB Sinaga dokter bidang ortopedi dan Traumatologi dari RS. Mitra Keluarga menjelaskan terkait bagaimana jika menolong korban kecelakaan agar tidak terjadi trauma bahkan terjadi kematian yang disebabkan salah dalam penanganan.
Sedang Guguk Heru Triyoko dari BPJS-TK memaparkan keuntungan dan manfaatnya menjadi peserta asuransi kecelakaan bagi driver ojol sebagai jaminan serta sebagai pengaman saat mengalami kecelakaan.
“Luar biasa kolaborasi kami dengan Respek Indonesia dan RS. Mitra Keluarga disambut antusias oleh rekan-rekan driver ojek online. Harapannya sosialisasi ini terimplementasi dengan baik kedepannya,” ujar Guguk Heru Triyoko.
Dalam kesempatan yang sama Pimpinan Respek Indonesia, Rori Maulidi mengatakan kolaborasi yang terbangun antara BPJS-TK, RS. Mitra Keluarga serta Respek Indonesia Siaga bertujuan memudahkan sekaligus mempercepat dalam pelayanan pada saat rekan-rekan mengalami kecelakaan.
“Saat ini tim Respek Indonesia Siaga terus membangun kerjasama dengan 4 RS. Mitra keluarga yang berada di wilayah Surabaya dan Sidoarjo serta dengan BPJS-TK melalui program Perisai,” pungkas Rori.
Fauzi salah seorang driver ojol Mojokerto sangat mendukung kegiatan yang dilakukan Respek Indonesia. Banyak informasi penting dan manfaat terkait dengan pekerjaannya yang setiap hari berada di jalanan.
“Sukses selalu buat Respek Indonesia Siaga terus tebar kebaikan dan kemanfaatan bagi masyarakat khususnya driver ojol,” tuturnya.
Teguh