Lifestyle

Cara Mengatasi Konflik dan Memperkuat Hubungan

×

Cara Mengatasi Konflik dan Memperkuat Hubungan

Sebarkan artikel ini
Cara Mengatasi Konflik dan Memperkuat Hubungan

IDPOST.CO.ID – Hubungan yang didasari oleh ikatan keluarga atau persahabatan masa kecil memang sulit untuk diputuskan.

Di sisi lain, hubungan romantis bisa menghadirkan kedalaman cinta yang memukau namun juga rentan terhadap perubahan cepat.

Masa kebahagiaan yang intens mungkin tidak berlangsung lama. Ketika segalanya tampak baik, termasuk kekurangannya, upaya bersama diperlukan untuk menjaga agar hubungan tetap harmonis.

Majalah kesehatan Amerika, Health, telah merilis cara-cara untuk memulihkan hubungan romantis yang mengalami putus.

Hindari Memblokir Komunikasi

Setelah pertengkaran, beberapa pasangan cenderung menghindari pembicaraan untuk menyelesaikan masalah.

Penggunaan ponsel pintar seringkali menjadi alat untuk menghindari interaksi. Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam ‘Computers in Human Behavior’ menganalisis 1.160 pasangan dan menemukan keterkaitan antara penggunaan media sosial dan keberlangsungan hubungan perkawinan.

Setelah pertengkaran, seringkali orang merespons dengan menggunakan ponsel cerdas mereka untuk mengirim pesan teks atau berinteraksi di media sosial.

Menghindari situasi dan mengabaikan masalah tidak sama. Jika Anda menghindari komunikasi, kesalahpahaman bisa semakin besar dan Anda mungkin merasa semakin terasing.

Perhatian

Tidak perlu berusaha terlalu keras seperti pada awal hubungan. Kadang-kadang, perhatian terhadap detail kecil sudah cukup untuk membuat pasangan merasa dihargai.

Tindakan sederhana seperti menyeduhkan kopi di pagi hari bisa membuat perbedaan besar. Penelitian di University of Michigan yang melibatkan 373 pasangan menunjukkan bahwa tindakan kecil semacam ini berkontribusi pada keberlangsungan hubungan.

Pertanyakan Hal Baru

Percakapan antara pasangan yang sudah lama bersama sering kali terfokus pada rutinitas sehari-hari atau tanggung jawab seputar pekerjaan dan keluarga.

Meskipun itu penting, menjajaki topik-topik baru juga merupakan hal yang baik. Tidak hanya berbicara tentang diri sendiri, tetapi juga menunjukkan minat dan bertanya tentang kegiatan atau hobi pasangan. Ini membantu mempererat hubungan dengan memperluas cakupan pembicaraan.

Tertawa sambil mengingat kenangan menyenangkan bersama juga membantu mempererat ikatan. Menurut penelitian yang dipublikasikan dalam jurnal ‘Motivation and Emotion’, mengenang momen-momen lucu bersama memiliki dampak positif pada hubungan.

Hal ini karena mengingat kembali momen tertawa tersebut dapat membangkitkan kembali perasaan bahagia melalui kenangan.

>>> Ikuti Berita dan Artikel Idpost.co.id di Google News