PeristiwaPolitik

Digempur Habis-habisan Oleh Hacker Bjorka, Moeldoko Akan Buat Cloud Sistem

×

Digempur Habis-habisan Oleh Hacker Bjorka, Moeldoko Akan Buat Cloud Sistem

Sebarkan artikel ini
Digempur Habis-habisan Oleh Hacker Bjorka, Moeldoko Akan Buat Cloud Sistem
Moeldoko menyampaikan, bila sejauh ini, pemerintahan jalankan cloud sistem bikinan pihak asing.


MEDIANE ONLINE – Kepala Staff Kepresidenan Moeldoko akui tengah membuat cloud sistem bikinan dalam negeri.

Pembuatan cloud sistem bikinan dalam negeri itu sebagai tanggapan atas tersebarnya info kebocoran data yang sukses diretas hacker Bjorka.

Moeldoko menyampaikan, bila sejauh ini, pemerintahan jalankan cloud sistem bikinan pihak asing.

“Kan cloud-nya orang luar. Iya, kan, mesinnya orang luar,” kata Moeldoko di Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Senin 19 September 2022.

Berkaitan gagasan perancangan cloud sistem dalam negeri, Moeldoko menjelaskan, telah berjumpa dengan Tubuh Cyber dan Kode Negara (BSSN), PT Industri Telekomunikasi Indonesia Persero (INTI), dan PT Desktop IP Tehnologi Indonesia.

“Tempo hari kita mengumpulkan kepala BSSN, selanjutnya ada PT INTI (itu) BUMN kan, selanjutnya ada korporasi yang mempunyai cloud-nya. Jika ini kita gabungkan kita kelak akan berdikari di bagian cloud, hingga dapat jaga data dari interferensi seseorang, itu yang kita ingin yang akan datang sebetulnya,” terangnya.

Karena ada cloud sistem yang dibikin dari dalam negeri, Moeldoko memandang, akan membuat data Indonesia jadi lebih aman dan berdikari.

Moeldoko menyebutkan jika cloud sistem yang diartikan itu mulai diterapkan di salah satunya korporasi.

Perlu waktu lama untuk melakukannya hingga dapat dipakai di semua sisi dari pemerintah.

Selanjutnya, Moeldoko menyebutkan jika Presiden Joko Widodo (Jokowi) belum ketahui hal itu. Penyebabnya, gagasan cloud sistem bikinan dalam negeri itu akan ditest lebih dulu di KSP.

“Belum sampai presiden sich, saya buat dahulu di KSP, ya, kelak jika memiliki bentuk makin oke kita melapor ke presiden.”

Sebelumnya Bjorka menyebutkan, Presiden Jokowi dalam kurun waktu dekat akan melepas Johnny G Plate dari kedudukannya sebagai Menkominfo.

“I received information from a friend who works at the palace that mr president will soon. Replace the minister of communications and information technology, Johnny G Plate.

(Saya terima info dari rekan yang bekerja di istana.BJika Presiden akan selekasnya menukar Menkominfo Johnny G. Plate, terjemahan)” tutur Bjorka di website Breached.to pada Kamis 15 September 2022.

Bjorka menyebutkan jika berita itu ialah berita baik dan minta. Supaya siapa saja yang gantikan Johnny harus pahami tehnologi dan tidak dari partai politik atau kelompok militer.

“Excellent, mr president. Make sure the replacement is a tech-savvy individu,bnot an idiot from the party, politician, or armed forces, because all of that will be for nothing

(Bagus, Pak Presiden. Yakinkan substitusinya ialah orang yang pahami tehnologi. Tidak dari partai, politikus, atau tentara, karena semua bakal menjadi tak berarti,” sambungnya.

Akhir-akhir ini banyak sekali netizen yang menanyakan, apa figur Johnny G. Plate ialah orang yang cocok untuk jadi seorang Menkominfo?

Bukannya mencela tindakan peretasan dan doxing yang sudah dilakukan Bjorka pada Johnny, netizen justru memberi dukungan.

Support netizen ini satu diantaranya karena kekesalan netizen.

>>> Ikuti Berita dan Artikel Idpost.co.id di Google News