Olahraga

Erick Thohir: Prestasi Timnas Indonesia di Piala Asia 2023 Menginspirasi

×

Erick Thohir: Prestasi Timnas Indonesia di Piala Asia 2023 Menginspirasi

Sebarkan artikel ini
Erick Thohir: Prestasi Timnas Indonesia di Piala Asia 2023 Menginspirasi
Ketua Umum PSSI, Erick Thohir

IDPOST.CO.ID – Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, merasa bersyukur karena Timnas Indonesia berhasil lolos ke babak 16 besar Piala Asia 2023, menciptakan sejarah baru bagi sepak bola Garuda.

Keberhasilan ini dipastikan setelah salah satu pesaing terkuat terakhir Indonesia dalam klasemen peringkat tiga terbaik, Oman, ditahan imbang 1-1 oleh Kyrgyzstan pada laga penutup Grup F Piala Asia 2023, pada Kamis (26/1/2024).

Hasil tersebut membuat Oman finis di posisi kelima dalam klasemen peringkat tiga terbaik setelah hanya mengumpulkan 2 poin dengan selisih gol -1. Sementara itu, Indonesia menempati peringkat keempat dengan 3 poin dan selisih gol -3, sehingga berhak melaju ke babak 16 besar.

“Alhamdulillah, ini merupakan sejarah baru bagi sepak bola Indonesia. Timnas Indonesia berhasil memastikan satu tempat di babak 16 besar Piala Asia 2023,” ujar Erick melalui unggahan di akun Instagram resminya.

Erick, yang juga menjabat sebagai Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), mengatakan bahwa pencapaian ini adalah hasil dari kerja sama semua pihak, mulai dari pemain, pelatih, ofisial, hingga doa dari seluruh masyarakat Indonesia.

“Perjuangan luar biasa dari pemain, pelatih, dan staf untuk membawa Indonesia ke babak 16 besar. Kami juga berterima kasih atas doa dan dukungan seluruh masyarakat Indonesia yang tidak pernah surut,” tambah Erick.

Keberhasilan ini menjadi pencapaian pertama bagi Timnas Indonesia setelah sebelumnya gagal melewati babak penyisihan grup dalam empat penampilan sebelumnya pada edisi 1996, 2000, 2004, dan 2007.

Tak hanya itu, pencapaian ini juga menjadi prestasi luar biasa bagi pelatih Shin Tae-yong, yang menjadi satu-satunya pelatih yang berhasil membawa tiga tim nasional, yaitu U-20, U-23, dan senior, ke putaran final Piala Asia.

Selanjutnya, di babak 16 besar, Indonesia akan menghadapi tim kuat Australia. Pertandingan antara Indonesia dan tim yang menempati peringkat 25 dalam peringkat FIFA tersebut akan berlangsung pada Minggu (28/1) pukul 18.30 WIB di Stadion Jassim bin Hamad, Doha, Qatar.

“Perjalanan masih panjang, kita akan memberikan yang terbaik untuk membawa #GarudaMendunia!” tutup Erick.

>>> Ikuti Berita dan Artikel Idpost.co.id di Google News