Peristiwa

Joe Lieberman Mantan Senator AS yang Pro-Israel Tutup Usia pada 82 Tahun

×

Joe Lieberman Mantan Senator AS yang Pro-Israel Tutup Usia pada 82 Tahun

Sebarkan artikel ini
Joe Lieberman Mantan Senator AS yang Pro-Israel Tutup Usia pada 82 Tahun

IDPOST.CO.ID – Mantan Senator AS Pro-Israel Joe Lieberman Meninggal Dunia pada Usia 82 Tahun Joe Lieberman, mantan senator AS yang dikenal karena dukungannya terhadap Israel dan pencalonannya sebagai wakil presiden pada tahun 2000, meninggal dunia pada hari Rabu di New York City pada usia 82 tahun.

Kabar tersebut disampaikan oleh keluarganya, yang menyebutkan bahwa Lieberman mengalami komplikasi akibat terjatuh.

Hadassah, istri tercintanya, serta anggota keluarganya, hadir bersamanya saat meninggalnya Lieberman.

Pernyataan dari keluarga Lieberman menyatakan bahwa cintanya kepada Tuhan, keluarganya, dan negara Amerika tetap kokoh sepanjang

Meskipun mantan senator tersebut adalah pendukung setia Israel, ia mengkritik pemerintah Israel pada tahun 2019 karena menolak masuknya anggota Partai Demokrat Rashida Tlaib dan Ilhan Omar.

Organisasi pro-Israel AIPAC mengatakan “gerakan pro-Israel akan selalu berhutang budi” kepada Lieberman dan “kepemimpinannya sangat penting dan kritis dalam mempromosikan kebijakan yang memperkuat ikatan antara Amerika Serikat dan Israel”.

Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu memuji mantan senator tersebut sebagai “juara tiada tara bagi bangsa Yahudi dan negara Yahudi”.

Lieberman menjadi independen setelah menuduh anggota Partai Demokrat mengatakan “hal-hal yang secara eksplisit antisemit “.

Dia gagal dalam pencalonan presiden dari Partai Demokrat tahun 2004, karena dirugikan oleh dukungannya terhadap Perang Irak .

Sebagai seorang sentris, Lieberman pertama kali terpilih menjadi anggota Senat AS pada tahun 1988. Ia kalah dalam pemilihan pendahuluan Partai Demokrat di negara bagian tersebut pada tahun 2006 tetapi tetap mempertahankan kursinya dengan memenangkan pemilihan umum sebagai kandidat independen.

Dalam perpecahan selanjutnya dari Partai Demokrat, Lieberman mendukung Senator Republik John McCain sebagai presiden dalam pidatonya di Konvensi Nasional Partai Republik 2008.

Namun, Lieberman kemudian mendukung calon presiden dari Partai Demokrat Hillary Clinton pada tahun 2016 dan Joe Biden pada tahun 2020.

Lieberman pensiun dari Senat pada tahun 2013 setelah empat masa jabatan enam tahun.

>>> Ikuti Berita dan Artikel Idpost.co.id di Google News