Larung Sesaji Pantai Serang, Bupati Blitar: Upacara Adat Jawa - IDPOST.CO.ID
Peristiwa

Larung Sesaji Pantai Serang, Bupati Blitar: Upacara Adat Jawa

×

Larung Sesaji Pantai Serang, Bupati Blitar: Upacara Adat Jawa

Sebarkan artikel ini
upati Blitar Rini Syarifah menghadiri dan menyaksikan upacara adat Larung Sesaji di Pantai Serang Desa Serang, Kecamatan Panggungrejo, Kabupaten Blitar, Selasa 09 Juli 2024.

IDPOST.CO.IDBupati Blitar Rini Syarifah menghadiri dan menyaksikan upacara adat Larung Sesaji di Pantai Serang Desa Serang, Kecamatan Panggungrejo, Kabupaten Blitar, Selasa 09 Juli 2024.

Upacara ini merupakan tradisi rutin tahunan yang selalu dinanti-nantikan oleh masyarakat setempat dan juga wisatawan dari berbagai daerah.

“Upacara adat Larung Sesaji telah rutin dilaksanakan dari tahun ke tahun, sehingga dapat menjadi acara unggulan Kabupaten Blitar,” kata Bupati Rini.

“Upacara adat Larung Sesaji Pantai Serang saat ini merupakan rangkaian acara memperingati HUT Blitar yang ke-700,” lanjutnya.

Bupati juga menyebut kalau Upacara adat Larung Sesaji merupakan salah satu upacara adat Jawa yang bertujuan untuk berdoa kepada Tuhan Yang Maha Pengasih dan wujud rasa syukur karena Kabupaten Blitar selalu dalam keadaan damai dan sejahtera.

“Tradisi ini dilakukan sebagai bentuk rasa syukur masyarakat atas hasil bumi yang melimpah dan juga sebagai upaya untuk melestarikan budaya leluhur,” imbuhnya.

Selain sebagai wujud syukur dan pelestarian budaya, acara Larung Sesaji diharap dapat meningkatkan perekonomian warga setempat melalui sektor pariwisata.

“Dengan banyaknya wisatawan yang datang, masyarakat Desa Serang dapat memanfaatkan momentum ini untuk memperkenalkan produk-produk lokal mereka. Pemerintah Daerah Kabupaten Blitar juga berkomitmen untuk terus mendukung dan mengembangkan potensi wisata budaya di daerah ini,” tutupnya.