Pembangunan Ruas Tol Cijago Rampung, Depok-Bandara Soetta Tak Sampai 20 Menit - IDPOST.CO.ID
Peristiwa

Pembangunan Ruas Tol Cijago Rampung, Depok-Bandara Soetta Tak Sampai 20 Menit

×

Pembangunan Ruas Tol Cijago Rampung, Depok-Bandara Soetta Tak Sampai 20 Menit

Sebarkan artikel ini
Pembangunan ruas Jalan Tol Cinere-Jagorawi (Cijago) sepanjang 14,64 km akhirnya terwujud. Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat

IDPOST.CO.ID – Pembangunan ruas Jalan Tol Cinere-Jagorawi (Cijago) sepanjang 14,64 km akhirnya terwujud. Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) bersama Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) telah menyelesaikan proyek ruas tol tersebut.

Tol Cijago merupakan bagian dari Jaringan Tol Lingkar Dalam Kota dan Lingkar Luar atau Jakarta Outer Ring Road (JORR) 2. Hadirnya jalan tol Cijago ini diharapkan semakin meningkatkan konektivitas antarwilayah. Hal itu juga sebagai upaya mendukung pertumbuhan ekonomi kawasan Jabodetabek, serta untuk mengurai kepadatan arus lalu lintas.

Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono dalam keterangan reseminya mengatakan, peningkatan aksesibilitas serta konektivitas jaringan infrastruktur jalan tol dilakukan, untuk memberikan kelancaran, keselamatan, keamanan, dan juga kenyamanan dalam perjalanan.

“Akses jalan yang semakin baik akan menunjang perekonomian masyarakat di kawasan sekitar,” kata Menteri Basuki, dikutip Sabtu (18/11/2023).

Dengan rampungnya pembangunan Tol Cijago Seksi 3 B, maka seluruh ruas Tol Cinere-Jagorawi secara resmi telah tersambung. Sehingga, dapat melengkapi struktur jaringan jalan di kawasan Jabodetabek.

Sebelumnya, telah hadir Jaringan Tol lingkar dalam kota dan lingkar luar (JORR-I) yang sudah operasional, dan JORR-2 yang sudah terhubung pada beberapa ruas tol.

Ruas jalan Tol Cijago menghubungkan Jalan Tol Jakarta-Bogor-Ciawi (Jagorawi), yang berpotongan pada Junction Cimanggis dan Tol Cimanggis-Cibitung untuk di sisi Timur.

Selanjutnya, di lingkar barat terhubung dengan Tol Cinere-Jagorawi menuju ke Blok M ataupun Sawangan (Jalan Tol Depok–Antasari yang berpotongan pada Junction Krukut), serta menuju Bandara Soekarno Hatta melalui Tol Cinere-Serpong, Tol Serpong-Kunciran, dan Tol Kunciran-Bandara Soekarno Hatta.

Hadirnya Tol Cijago dapat memangkas waktu tempuh berkendara, selain itu juga menjadi salah satu solusi mengurangi kepadatan lalu lintas. Khususnya dari Kota Depok yang menuju Bandara Soekarno Hatta, tanpa harus melalui Tol Dalam Kota Jakarta atau mengarah ke Bogor karena langsung terhubung dengan Tol Jagorawi. Perjalanan atau waktu tempuh kendaraan dari Bogor ke Jakarta bisa ditempuh dengan waktu berkendara 45 menit saja lewat Tol Cijago.

Sebelumnya, Direktur Utama Trans Lingkar Kita Jaya Hilman Muchsin selaku operator Tol Cijago mengatakan, tol ini akan memudahkan akses warga Depok ke Bandara Soekarno-Hatta. Pasalnya, Tol Cijago akan terhubung dengan Tol Cinere-Serpong dan Serpong-Kunciran.

Hilman menyebut, dari Depok ke Bandara Soekarno-Hatta dengan jalan tol ini bisa ditempuh cuma dalam waktu 15 menit.

“Kalau kita memakai kendaraan dari Limo (Depok) diperkirakan memakan waktu kurang dari 15 menit untuk mencapai Bandara Soekarno-Hatta,” kata Hilman Muchsin, dilansir dari Antara, pada Agustus lalu.