Peringati Hari Bhayangkara ke 78, Forkopimcam dan Kades se Pangarengan Gelar Lomba Seni Suara Burung Perkutut - IDPOST.CO.ID
Peristiwa

Peringati Hari Bhayangkara ke 78, Forkopimcam dan Kades se Pangarengan Gelar Lomba Seni Suara Burung Perkutut

×

Peringati Hari Bhayangkara ke 78, Forkopimcam dan Kades se Pangarengan Gelar Lomba Seni Suara Burung Perkutut

Sebarkan artikel ini
Peringati Hari Bhayangkara ke 78, Forkopimcam dan Kades se Pangarengan Gelar Lomba Seni Suara Burung Perkutut
Kabaglog Polres Sampang Kompol K. Sutaryo memberikan sambutan lomba seni suara burung perkutut di lapangan birhdfum Desa Pangarengan pada Selasa (02/07/24).

IDPOST.CO.ID – Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Bhayangkara yang ke 78, Forum Pimpinan Kecamatan Pangarengan, Kabupaten Sampang, Madura, menggelar lomba seni suara burung perkutut se Madura di lapangan AKN birhdfum Desa Pangarengan, pada Selasa, (02/07/2024).

Kegiatan tersebut dihadiri dari perwakilan Kapolres Sampang, Forum Komunikasi Pimpinan Kecamatan (Forkopimcam) Pangarengan, semua Kepala Desa (Kades) dan Pj Kades se Kecamatan Pangarengan.

Mereka sangat berantusias memperhatikan dan menikmati suara kicauan burung perkutut yang sedang dilombakan. Pengaturan jalannya perlombaan juga berlangsung efektif yang diatur oleh bagian bidang konkurs dan penjurian persatuan pelestarian perkutut seluruh Indonesia (P3SI).

Kapolres Sampang melalui Kabaglog Polres Sampang Kompol K. Sutaryo dalam sambutannya menyampaikan dengan adanya perlombaan seni suara burung perkutut tersebut diharapkan dapat bermafaat khususnya bagi masyarakat Kecamatan Pangarengan dan bagi masyarakat Madura pada umumnya.

“Dengan kegiatan yang positif ini mudah-mudahan mendapatkan manfaat, yakni menimbulkan rasa saling menjaga khususnya situasi keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas),” jelasnya.

Ia kemudian menyarankan agar kegiatan positif tersebut dapat dipertahankan dan dilestarikan, sehingga keamanan tetap terjaga dan kondusif, apalagi sebentar lagi menjelang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada).

“Selain menjaga keamanan yang kondusif, semoga kegiatan ini juga bisa meningkatkan kualitas burung-burung yang dipelihara,” tandasnya.

Kemudian ditempat yang sama, Kepala Desa (Kades) Pangarengan Mochammad Aksan menyatakan jumlah peserta lomba seni suara burung perkutut sebanyak 204 burung yang diikuti dari berbagai Daerah terutama dari Daerah pulau Madura. Bahkan ada juga peserta yang hadir dari luar Madura.

Peringati Hari Bhayangkara ke 78, Forkopimcam dan Kades se Pangarengan Gelar Lomba Seni Suara Burung Perkutut

“Perlombaan seni suara burung perkutut ini dibagi 3 kelas, diantaranya kelas piyek bebas dengan jumlah peserta sebanyak 84 burung, piyek yunior sejumlah 60 burung, dan piyek hanging sejumlah 60 burung,” jelasnya.

Mochammad Aksan yang ahli berternak burung perkutut itu kemudian melanjutkan, perlombaan seni suara perkutut yang dibagi tiga kelas tersebut dilombakan selama empat babak. Ia juga menyampaikan secara rinci pemenang lomba dari masing-masing kelas.

Berikut nama pemenang lomba seni suara burung perkutut dalam perayaan hari Bhayangkara yang ke 78:

Kelas piyek bebas dimenangkan oleh:

1. Nomor gantangan 19, nama burung anak ajaib, nama pemilik tim wins, asal Banjarmasin.

2. Nomor gantangan 45, nama burung Adinawa, nama pemilik tim AKN, asal Sampang, Madura.

3. Nomor gantangan 17, nama burung kaisar ababil, nama pemilik tim ababil, asal Sampang, Madura.

Kelas piyek hanging dimenangkan oleh:

1. Nomor gantangan 27, nama burung dua sejoli, nama pemilik Tohir, asal Kecamatan Karang Penang, Sampang, Madura .

2. Nomor gantangan 60, nama burung pawang, nama pemilik Ust. Diqi, asal Kecamatan Omben, Sampang, Madura.

3. Nomor gantangan 43, nama burung kangen, nama pemilik tim SHD, asal Kecamatan Ketapang, Sampang, Madura.

Kelas piyek yunior dimenangkan oleh:

1. Nomor gantangan 111, nama burung Bodrek, nama pemilik kent BF, asal Yogyakarta.

2. Nomor gantangan 137, nama burung hud hud, nama pemilik H. Risal Adiwarna, asal Sampang, Madura.

3. Nomor gantangan 125, nama burung Mr. Yomeg, nama pemilik Semmil, asal Sampang, Madura.

Untuk diketahui, dalam peringatan HUT Bhayangkara yang 78 tersebut juga terdapat rangkaian kegiatan pemberian sembako pada sejumlah kaum dhuafa’ dan anak yatim.

Pemberian sembako tersebut diserahkan langsung oleh Kapolres Sampang melalui Kabaglog, didampingi oleh Forkopincam Pangarengan, dan semua Kades dan Pj Kades se Kecamatan Pangarengan.