Sabtu Biru Ceria: Relawan Prabowo-Gibran Gelar Sosialisasi Gunakan Hak Pilih di Klaten - IDPOST.CO.ID
Peristiwa

Sabtu Biru Ceria: Relawan Prabowo-Gibran Gelar Sosialisasi Gunakan Hak Pilih di Klaten

×

Sabtu Biru Ceria: Relawan Prabowo-Gibran Gelar Sosialisasi Gunakan Hak Pilih di Klaten

Sebarkan artikel ini
Sabtu Biru Ceria: Relawan Prabowo-Gibran Gelar Sosialisasi Gunakan Hak Pilih di Klaten
Sosialisasi para relawan dari Prabowo-Gibran yang dibarengi dengan agenda Sabtu Biru Ceria

IDPOST.CO.ID – Relawan dari Rumah Keluarga Bersama (RKB) melakukan Launching Gerakan ‘Gunakan Hak Pilih’ yakni ajakan kepada warga untuk datang ke TPS pada 14 Februari 2024.

Sosialisasi para relawan dari Prabowo-Gibran yang dibarengi dengan agenda Sabtu Biru Ceria ini digelar di Lokasi Wisata Soko Alas, Ponggok, Klaten, Jawa Tengah, Sabtu (13/1/2024).

Menurut Ketua Umum RKB, Wigit Bagoes Prabowo, kegiatan ini mengajak seluruh rakyat Indonesia untuk tidak golput dan menggunakan hak pilih mereka pada Pemilu 14 Feburari 2024. Karena suara rakyat dalam pemilu yang tinggal satu bulan lagi sangat menentukan arah Bangsa Indonesia kedepannya.

“Pemilu tinggal sebulan lagi, maka kami mengajak masyarakat untuk tidak golput dalam Pemilu. Sayang kalau anda tidak menggunakan hak pilih. Karena suara anda sangat menentukan kemajuan Bangsa Indonesia,” ajak Wigit.

Wigit menambahkan salah satu sasaran dalam kegiatan sosialisasi ini adalah pemilih muda. Karena berdasarkan data dari KPU, 55 % calon pemilih adalah kalangan milenial dan generasi Z. Di mana jumlah kalangan milenial adalah 66.822.389 orang dan sebanyak 46.800.161 pemilih dari generasi Z.

“Betapa besar jumlah milenial dan generasi Z yang bulan depan terdaftar menjadi pemilih di Pemilu, 14 Februari Ini menunjukan suara pemilih muda sangat menentukan peta demokrasi bangsa ini,” ungkap Wigit.

Dengan demikian, melalui sosialisasi Gunakan Hak Pilih 14 Februari 2024 ini, RKB berharap dapat menurunkan angka Golput pada Pemilu 2024. Tercatat dalam data Badan Pusat Statistik (BPS), jumlah golput sebanyak 34,75 juta atau sekitar 18,02 persen dari total pemilih yang terdaftar pada Pemilu 2019. Angka ini turun hampir setengahnya dari Pemilu 2014, dimana jumlah golput sebanyak 58,61 juta orang atau 30,22 persen.

“Kami berharap, angka golput pada Pemilu tahun ini bisa turun drastis lagi. Alhamdulillah bisa lebih setengahnya dari Pemilu dari 2019”, harap Wigit.

Untuk menarik partisipasi masyarakat dalam menggunakan hak pilih mereka pada Pemilu 2024, RKB menyajikan beragam acara dalam satu paket kegiatan sosialisasi ini. Di antaranya, pembagian sayur mayur sebagai bentuk kegiatan Sejuta Kebaikan, senam Zumba Gemoy, sekaligus pengukuhan pengurus RKB tingkat Klaten.

“Kami dari sebagai relawan Prabowo-Gibran ingin menunjukan bahwa Prabowo-Gibran memiliki konsep, visi dan misi yang serius dalam kemajuan Indonesia. Tapi perlu diingat prinsip Pemilu adalah pesta demokrasi, tentunya kita tawarkan konsep jangan terlalu tegang, tapi bisa santuy, sama-sama senang. Sehingga masyarakat terutama para pemilih muda bisa tertarik,” kata Wigit.

Dengan peluncuran sosialisasi Gunakan Hak Pilih 14 Februari ini, RKB selanjutyan juga akan menyelenggarakan acara serupa di sejumlah wilayah di Indonesia.

Wigit menjelaskan kegiatan ini juga menunjukan kepedulian RKB atas mengajak peran aktif masyarat dalam alam demokrasi di Indonesia.