Seluruh Pegawai Negeri Dilarang Gunakan WhatsApp, Ini Alasanya? - IDPOST.CO.ID
Peristiwa

Seluruh Pegawai Negeri Dilarang Gunakan WhatsApp, Ini Alasanya?

×

Seluruh Pegawai Negeri Dilarang Gunakan WhatsApp, Ini Alasanya?

Sebarkan artikel ini

Seluruh Pegawai Negeri Dilarang Gunakan WhatsApp, Ini Alasanya?


MEDIANE ONLINE
– Para pegawai negeri dilarang menggunakan dan diminta untuk hapus aplikasi WhatsApp.

Hal tersebut disampaikan salah satu anggota parlemen Rusia pada Rabu 19 Oktober 2022.
Dikatakanya kementerian industri berusaha untuk mempromosikan perangkat lunak yang diproduksi di dalam negeri.
Pasalnya Rusia ingin mencoba melepaskan diri dari teknologi Barat.
Selain itu pemilik WhatsApp Meta Platforms Inc. (META.O) dinyatakan bersalah atas “aktivitas ekstremis” di Rusia pada bulan Maret dan kemudian ditambahkan ke daftar “teroris dan ekstremis” oleh badan pemantau keuangan Rosfinmonitoring.
Sedangkan, pengacara Meta di pengadilan mengatakan Meta tidak melakukan aktivitas ekstremis dan menentang Russophobia.
Akibatnya Rusia memblokir Facebook dan Instagram Meta pada bulan Maret, menolak pembatasan pada media Rusia dan beberapa posting yang diizinkan oleh pengguna di Ukraina.
Banyak digunakan di antara orang Rusia, WhatsApp selalu tetap tersedia, tetapi Anton Gorelkin, wakil kepala komite parlemen Rusia tentang kebijakan informasi, pada hari Rabu mengatakan dia secara pribadi akan menghapus aplikasi dan merekomendasikan larangan yang lebih luas.
“Saya pikir perlu untuk memperkenalkan larangan penuh penggunaan WhatsApp untuk tujuan resmi oleh pegawai negara bagian dan kota Rusia,” tulis Gorelkin di Telegram.
“Apakah itu alternatif Rusia atau dari Dubai tidak masalah – yang utama adalah itu bukan milik perusahaan yang secara terbuka berpartisipasi dalam perang informasi melawan negara kita dan termasuk dalam daftar organisasi teroris dan ekstremis.
Rusia telah mengakui kekurangan utama dengan industri elektroniknya. Ketika sanksi Barat dan eksodus perusahaan asing menghalangi aksesnya ke impor dan solusi teknologi, Moskow telah berusaha untuk meningkatkan industri dengan keringanan pajak dan pinjaman preferensial.
Vasily Shpak, wakil menteri industri dan perdagangan, mengatakan ceruk yang dikosongkan oleh produsen telekomunikasi asing harus diisi oleh produsen dalam negeri.
“Tidak akan ada jalan kembali,” kata kantor berita Interfax mengutip Shpak, menambahkan bahwa perusahaan yang keluar dari negara itu tidak boleh diizinkan untuk kembali ke tempat yang sama yang telah mereka tinggalkan.
“Cukup ini harus diisi oleh produsen kami,” kata Shpak, menyerukan produk elektronik dengan perangkat lunak dalam negeri untuk membentuk “dasar kemandirian teknologi Rusia”.