Olahraga

Tantangan Berat Timnas Indonesia Lawan Australia di 16 Besar Piala Asia 2023

×

Tantangan Berat Timnas Indonesia Lawan Australia di 16 Besar Piala Asia 2023

Sebarkan artikel ini
Tantangan Berat Timnas Indonesia Lawan Australia di 16 Besar Piala Asia 2023

IDPOST.CO.IDTimnas Indonesia akan menghadapi tantangan berat saat melawan Australia dalam laga 16 besar Piala Asia 2023. Pertandingan ini akan berlangsung di Stadion Jassim bin Hamad, Al Rayyan, Qatar, pada Minggu (28/1/2024) pukul 18:30 WIB.

Dalam babak penyisihan grup Piala Asia 2023, Timnas Indonesia berhasil lolos ke babak 16 besar secara dramatis. Kepastian ini diraih setelah Oman ditahan imbang Kirgistan 1-1 pada laga terakhir Grup F yang digelar pada Kamis (25/1/2024). Gol balasan Kirgistan yang tercipta pada menit ke-80 menjadi tiket bagi Indonesia untuk melaju ke babak berikutnya.

Meskipun lolos, Indonesia akan menghadapi lawan yang sangat tangguh, yaitu Australia. Statistik menunjukkan bahwa Indonesia hanya sekali menang dalam 15 pertemuan dengan Australia, dengan dua hasil seri, sementara sisanya Indonesia selalu kalah.

Meskipun demikian, Piala Asia tahun ini menunjukkan bahwa tidak ada satu pun tim yang secara konsisten unggul secara superior. Tim-tim yang masuk 16 besar memiliki gradasi prestasi yang tidak terlalu jauh berbeda. Tim-tim favorit seperti Korea Selatan dan Jepang juga telah menunjukkan kelemahan-kelemahan dalam penampilan mereka.

Timnas Australia, yang dianggap sebagai salah satu tim kuat, juga tidak menampilkan penampilan luar biasa dalam babak penyisihan. Meskipun berhasil menang dua kali dan bermain imbang sekali, mereka juga kesulitan mencetak gol dan kebobolan.

Dalam menghadapi Australia, Timnas Indonesia perlu memperhatikan beberapa hal. Pertama, mereka harus menghindari blunder terutama di menit-menit awal pertandingan. Kesalahan kecil dapat menentukan hasil akhir pertandingan.

Kedua, Timnas Indonesia harus antisipasi umpan silang Australia yang menjadi andalan mereka. Pertahanan Indonesia harus waspada terhadap serangan dari kedua sisi sayap lawan.

Ketiga, Timnas Indonesia perlu siap adu fisik dengan pemain-pemain Australia yang terbiasa bermain dengan kekuatan fisik. Mereka harus berani dan tidak takut berduel dengan lawan.

Keempat, peran lini tengah sangat penting dalam mengganggu permainan Australia. Gangguan dari lini tengah dapat menghambat serangan lawan dan mengurangi ancaman dari mereka.

Kelima, Timnas Indonesia perlu memanfaatkan sayap mereka secara maksimal untuk menembus pertahanan Australia. Umpan-umpan terobosan juga tetap menjadi senjata yang dapat diandalkan.

Keenam, Timnas Indonesia harus bermain dengan pola menyerang dan tidak bermain bertahan. Dalam sistem pertandingan ini, kemenangan adalah satu-satunya pilihan. Mereka harus berani membobol pertahanan lawan dan tidak hanya fokus pada pertahanan.

Meskipun Australia dianggap sebagai tim yang tangguh, mereka juga memiliki kelemahan yang bisa dimanfaatkan. Dengan menerapkan strategi yang tepat, Timnas Indonesia memiliki peluang untuk mengalahkan Australia, meskipun tentu saja banyak faktor yang akan menentukan hasil akhir pertandingan.

>>> Ikuti Berita dan Artikel Idpost.co.id di Google News