Peristiwa

Indonesia Resmi Beli Dua Unit Kapal Selam Scorpène dari Prancis

×

Indonesia Resmi Beli Dua Unit Kapal Selam Scorpène dari Prancis

Sebarkan artikel ini
Indonesia Resmi Beli Dua Unit Kapal Selam Scorpène dari Prancis

IDPOST.CO.ID – Menurut Naval Group pada tanggal 2 April 2024, PT PAL Indonesia telah resmi memilih untuk hadir dengan mereka dalam pengembangan dua kapal selam kelas Scorpène.

Keputusan ini merupakan hasil dari Perjanjian Kerja Sama Pertahanan antara Prancis dan Indonesia yang ditandatangani pada Agustus 2021, yang mencakup transfer teknologi menyeluruh dari Naval Group ke PT PAL Indonesia.

Kapal selam kelas Scorpene memiliki bobot permukaan antara 1.600 hingga 2.000 ton dengan panjang keseluruhan mencapai 72 meter dan dapat menampung hingga 31 awak.

Dilengkapi dengan baterai Evolved Full Lithium-Ion, kapal selam ini memiliki kemampuan bertahan dalam misi hingga 78-80 hari, dengan otonomi terendam lebih dari 12 hari.

Dengan kemampuan berlayar lebih dari 20 knot saat terendam dan mampu menyelam hingga kedalaman lebih dari 300 meter, Scorpène menampilkan ketangguhan dalam operasi bawah air.

Kapal ini dapat membawa hingga 18 muatan senjata, yang didistribusikan ke dalam enam tabung senjata. Dilengkapi dengan sistem manajemen tempur SUBTICS, kapal ini memiliki ketersediaan operasional di laut selama lebih dari 240 hari per tahun.

Kelas Scorpène, yang dikembangkan oleh French Naval Group (sebelumnya DCNS), telah digunakan di beberapa negara di seluruh dunia, termasuk India, Malaysia, dan Brasil.

>>> Ikuti Berita dan Artikel Idpost.co.id di Google News