Lifestyle

Mengenali Tanda-tanda Hubungan yang Sehat

×

Mengenali Tanda-tanda Hubungan yang Sehat

Sebarkan artikel ini
Mengenali Tanda-tanda Hubungan yang Sehat

IDPOST.CO.ID – Setiap individu memiliki harapan yang berbeda terhadap suatu hubungan, sehingga kriteria untuk menggolongkan hubungan sebagai ‘sehat’ dapat bervariasi dari satu orang ke orang lainnya.

Meskipun demikian, banyak yang setuju bahwa hubungan yang menghormati otonomi satu sama lain dan sekaligus merasakan saling ketergantungan dapat dianggap sebagai hubungan yang sehat.

Jika Anda berada dalam hubungan di mana Anda dan pasangan Anda mampu berkompromi, saling menghormati, bisa dipercaya, dan mudah dipahami, kemungkinan besar Anda berada dalam hubungan yang sehat dan memuaskan.

Mari kita lihat bagaimana kita dapat mengetahui bahwa kita berada dalam hubungan yang sehat dan memuaskan dengan mengacu pada informasi yang diberikan oleh ‘Psychology Today’, sebuah media psikologi terkemuka di Amerika.

Pengakuan

Pengakuan terhadap pasangan tidaklah berarti Anda harus selalu setuju dengan pendapat mereka. Namun, ini mencakup menghormati dan mengakui kebutuhan, perasaan, dan pandangan unik mereka.

Pengakuan memungkinkan kita untuk berempati dan memahami pengalaman pasangan kita, serta merespons tanpa menghakimi. Di dalam hubungan romantis, perasaan diterima dan dipahami dapat memperdalam ikatan.

Komunikasi yang Sehat

Komunikasi yang jujur dan autentik adalah dasar dari hubungan yang sehat dan memuaskan. Terutama dalam hubungan romantis, komunikasi yang baik memungkinkan kita untuk memahami pengalaman hidup, area rentan, dan emosi pasangan kita.

Ketika komunikasi berjalan baik, baik berbicara maupun mendengarkan memiliki bobot yang seimbang, dan kita mampu menangkap bahasa tubuh serta komunikasi nonverbal.

Harmoni Sejati

Harmoni antara pasangan didasarkan pada kesamaan nilai, minat, keinginan, tujuan hidup, aspirasi, pandangan hidup, dan bahkan kecerdasan secara keseluruhan.

Persamaan dan perbedaan antara dua individu dapat menjadi penentu utama apakah hubungan tersebut cocok dan dapat berlangsung lama.

Merasa Aman

Kebutuhan akan rasa aman, baik secara emosional maupun psikologis, adalah hal yang mendasar bagi setiap individu.

Ini meliputi perasaan stabil dan dapat diprediksi dalam hubungan, serta keyakinan bahwa pasangan kita konsisten dan dapat dipercaya.

Merasa aman dalam hubungan memungkinkan kita untuk menjadi lebih jujur satu sama lain dan meningkatkan kebahagiaan kita secara keseluruhan.

Memiliki Ruang Pribadi

Memiliki ruang pribadi adalah hal penting dalam setiap hubungan. Namun, dalam hubungan yang paling intim, penting bagi kita untuk merasa bebas untuk tumbuh menjadi diri kita sendiri tanpa adanya ekspektasi atau tekanan.

Ketika kita diberi ruang untuk tumbuh tanpa dihakimi atau terancam, kita memiliki kesempatan untuk mencapai potensi kita dan menjadi lebih baik.

Ini menciptakan lingkungan di mana setiap individu dapat berkembang tanpa rasa takut kehilangan pasangan mereka, yang pada gilirannya dapat memperkuat hubungan itu sendiri.

>>> Ikuti Berita dan Artikel Idpost.co.id di Google News