SBY Cium Bau Kecurangan Saat Pemilu 2024, Hasto Beberkan Kecurangan Pemilu 2009 - IDPOST.CO.ID
Politik

SBY Cium Bau Kecurangan Saat Pemilu 2024, Hasto Beberkan Kecurangan Pemilu 2009

×

SBY Cium Bau Kecurangan Saat Pemilu 2024, Hasto Beberkan Kecurangan Pemilu 2009

Sebarkan artikel ini
SBY Cium Bau Kecurangan Saat Pemilu 2024, Hasto Beberkan Kecurangan Pemilu 2009
Sekretaris Jenderal DPP PDIP, Hasto Kristiyanto menyikapi serius tudingan tanda-tanda manipulasi pada Pemilu 2024.


IDPOST.CO.ID – Presiden ke enam RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) yang akui siap turun gunung karena mencium pertanda manipulasi pada Pemilu 2024.

Menyikapi peryataan SBY, Sekretaris Jenderal DPP PDIP, Hasto Kristiyanto menyikapi serius tudingan tanda-tanda manipulasi pada Pemilu 2024.

Hasto menyebutkan, SBY tidak arif dengan keluarkan pengakuan itu. Dia lalu menyentuh sangkaan manipulasi yang terjadi di Pemilu 2009.

“Minta maaf Pak SBY tidak arif. Dalam catatan kualitas pemilu, tahun 2009 malah jadi pucuk manipulasi yang terjadi dalam riwayat demokrasi, dan hal itu Pak SBY yang bertanggungjawab,” kata Hasto ke reporter, Sabtu 17 September 2022.

Menurut dia, zaman kepimpinan Suharto tidak ada kecurangan lis pemilih masih tetap (DPT). Tetapi di zaman SBY sangkaan kecurangan DPT terjadi.

“Salah satunya faktanya berada di Pacitan. Disamping itu Anas Urbaningrum dan Andi Nurpati, yang semestinya jadi wasit dalam pemilu, rupanya selanjutnya diambil jadi pengurus teras Partai Demokrat. Selain itu, beberapa data hasil Pemilu selanjutnya dihilangkan. Beragam membuat team senyap dibuat,” katanya.

Disamping itu, menurut Hasto, SBY memakai dana hasil peningkatan BBM untuk kebutuhan elektoral. Di saat bertepatan, katanya, terjadi diplomatisasi hukum pada musuh politik SBY.