Semarak Peluncuran Pilkada yang Digelar KPU Sampang Sangat Memukau - IDPOST.CO.ID
Politik

Semarak Peluncuran Pilkada yang Digelar KPU Sampang Sangat Memukau

×

Semarak Peluncuran Pilkada yang Digelar KPU Sampang Sangat Memukau

Sebarkan artikel ini
Komisioner KPU Sampang yang dipimpin oleh Ketua KPU Sampang ketika meluncurkan tahapan Pilkada 2024 di Alun-alun Trunojoyo Sampang.

IDPOST.CO.IDKomisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sampang meluncurkan tahapan pelaksanan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) tahun 2024 di Alun-alun Trunojoyo, pada Senin malam (10/06/24).

Peluncuran Pilkada tersebut digelar dengan semarak hingga warga Kabupaten Sampang yang menonton nampak terpukau.

Dalam peluncuran pilkada 2024 tersebut, KPU Sampang menampilkan sejumlah rangkaian kegiatan, diantaranya, penampilan simbol-simbol (maskot dan jinggle) khas kedaerahan yang diberi nama Sakor (Sampang akor) dan Sami (Sampang mile).

Maskot Pilkada 2024 tersebut merupakan hasil penilaian dari KPU Sampang yang desaignnya berbentuk jambu air (kelampok: red Madura).

Sedangkan makna filosofi dari maskot tersebut yaitu kekakayaan den kebesaran kabupaten sampang.

Selain itu, KPU Sampang juga menampilkan sholawatan Al-Banjari dan tarian budaya dalam menyambut undangan, serta dimeriahkan bintang tamu dari Orkes Melayu (OM) Monata.

Dari beberapa penampilan itu juga diwarnai dengan pemberian hadiah jalan-jalan sehat (JJS) yang digelar sebelumnya sebagai kegiatan rangakaian peluncuran Pilkada 2024.

Ketua KPU Sampang  Addy Imansyah menyampaikan terimakasih pada undangan yang terdiri dari   pimpinan Partai Politik (Parpol), kepala Bakesbangpol, semua pimpinan OPD, serta Bawaslu, media dan LSM, Ketua dan anggota PPK, PPS dan setempat.

“Kami sampaikan terima kasih pada semuanya yang telah memfasilitasi dan mendukungan kegiatan kami, sehingga tahapan pelaksanaan Pilkada atau Pilgub Sampang tahun 2004 dapat berjalan sesuai dengan harapan kita bersama, dan malam hari ini merupakan peluncuran tahapan sebagai penanda bahwa Pemilu tahun 2024 dimulai,” terangnya.

Menurut Addy, peluncuran Pilkada dan Pilgub tersebut merupakan media sosialisasi KPU Kabupaten Sampang kepada semua warga. Bahwa, KPU Kabupaten Sampang siap melaksanakan tahapan Pilkada.

“Kami berharap semua elemen masyarakat termasuk masyarakat pemilih bisa ikut berpartisipasi aktif dalam mengikuti tahapan Pilkada serentak tahun 2024 yang dilaksanakan oleh KPU di Kabupaten Sampang,” ujarnya.

Ia kemudian menyatakan, kalau Pemilihan Bupati dan pemilihan gubernur akan dilaksanakan pada tanggal 27 November tahun 2024.

“Yang terpenting bagi kami sebagai penyelenggara yaitu dapat melaksanakan tahapan Pilkada serentak tahun 2024, dan bisa bekerja secara profesional, mandiri, dan independen, transparan,” tandasnya.

Sementara ditempat yang sama, asisten pemerintahan dan kesra Pemkab Sampang Sudarmanto mewakili PJ Bupati Sampang Rudi Arifianto mengatakan, penyelenggaraan Pilkada tahun 2024 sudah dekat, sehingga dengan sosialisasi melalui peluncuran Pilkada itu sangatlah penting agar bisa diketahui oleh warga sampang.

“Melalui peluncuran ini masyarakat bisa tau dan mengerti, sehingga tingkat partisipasi pemilih pada Pilkada diharapkan lebih tinggi dari Pileg maupun Pilpres yang dilaksanakan beberapa waktu lalu,” ucapnya.

Dikatakannya, semua tahapan dapat berjalan dengan baik dan lancar, baik dari segi tingkat partisipasi masyarakat maupun aspek teknis dan logistiknya, selain itu peluncuran ini juga menjadi simbol bahwa Pilkada nanti sepatutnya kita sambut dengan kegembiraan, optimisme, dan kebersamaan.