Lifestyle

Temuan Baru, Obat Ampuh Tekan Sakit Jantung dan Kolestrol

×

Temuan Baru, Obat Ampuh Tekan Sakit Jantung dan Kolestrol

Sebarkan artikel ini

IDPOST.CO.ID – Penyakit jantung sampai sekarang masih menjadi teror bagi sebagian manusia. Pasalnya penyakit jantung tersebut menjadi pemicu dari kematian nomor satu di dunia.

Selain itu penyakit tersebut menyerang banyak masnusia dan tidak melihat umur, baik tua atau muda dapat terserang penyakit jantung.

Baru-baru ini, sebuah riset sudah menemukan obat baru untuk menangani resiko penyakit serangan jantung dan menurunkan kolesterol yaitu penghambat PCSK9 atau penghalang PCSK9.

Baca juga : Pemdes Pangarengan Gelar Sosialisasi Program Desa Berdaya

Penemuan itu dipublikasikan dalam jurnal Cell Reports. Obat ini awalnya tidak pernah dipakai oleh pasien kolesterol, jantung dan pasien kanker sekalinya.

Mereka menemukan nya berdasarkan hasil uji coba pada hewan. Tikus yang diobati obat itu memperlihatkan penurunan kolesterol LDL sejumlah 70%.

Adapun penghambat PCSK9 adalah agen yang efisien untuk membantu badan menarik kelebihan kolesterol dari dalam darah. Inhibitor PCSK9 awalnya cuma bisa diberi kerugian hingga membuat kendala dalam pemakaiannya.

Baca juga : Usai Twitter, Meta Kini Lakukan PHK Besar-besaran

“Pengurangan kolesterol adalah terapi paling penting yang kita punyai untuk perpanjang hidup dan membuat perlindungan orang dari penyakit jantung, yang masih jadi pemicu morbiditas dan mortalitas nomor satu di dunia Barat,” kata penulis senior Jonathan S. Stamler, profesor dari Fakultas Kedokteran Case Western Reserve seperti diambil situs Indian Expres

Selain itu, dia menjelaskan jika PCSK9 dalam saluran darah bisa mengatur jumlah reseptor kolesterol jahat (LDL). Dengan begitu, obat yang menghalangi PCSK9 ini bisa meningkatkan jumlah reseptor LDL yang bekerja membuang kolesterol.

Selanjutnya, nitrat oksida sebagai molekul yang dijumpai dapat menahan penyakit serangan jantung dengan memperlebar pembuluh darah. Dalam studi terbarunya, periset mengungkapkan jika oksida nitrat juga dapat memblokir PCSK9 hingga dapat menurunkan kolesterol.

Baca juga : Karim Benzema Raih Penghargaan Ballon d’Or 2022 dan Jadi Pemain Terbaik di Dunia

Selain kolesterol, penemuan ini bisa menjadi obat kanker. Karena, ada beragam bukti yang terungkap jika penargetan PCSK9 dapat meningkatkan kesuksesan imunoterapi kanker.

>>> Ikuti Berita dan Artikel Idpost.co.id di Google News