Peristiwa

Pemdes Pangarengan Gelar Sosialisasi Program Desa Berdaya

×

Pemdes Pangarengan Gelar Sosialisasi Program Desa Berdaya

Sebarkan artikel ini

IDPOST.CO.ID, SAMPANG – Pemerintah Desa (Pemdes) Pangarengan, Kecamatan Pangarengan, Kabupaten Sampang, Madura, Jatim. Menggelar sosialisasi program Desa berdaya tahun 2023, di balai Desa setempat pada Selasa 21 Maret 2023.

Hadir dalam acara tersebut, yakni Kepala Desa (Kades) Pangarengan, Moh. Aksan, Kepala Bidang (Kabid) penataan dan kerja sama Desa, Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Kabupaten Sampang, Taufik Affan, dan konsultan Desa berdaya Provinsi Jawa Timur Sigit Agus Purnomo.

Baca juga: Sejumlah Guru Honorer Sampang, Lakukan Unras

Selain itu nampak hadir juga Kapolsek Pangarengan IPDA Sujiyono, kasi PMD Kecamatan Pangarengan, Kusnandar, Kepala produksi pegaraman III Sampang, Imam Hanafi, Babinsa, Badan Pemusyawaratan Desa (BPD), serta sejumlah tokoh masyarakat, tokoh agama, dan tokoh pemuda Desa Pangarengan.

Kepala Desa Pangarengan Moh Aksan dalam sambutannya menyampaiakan, Desa Pangarengan merupakan salah satu Desa yang masuk sebagai kategori Desa mandiri di Kabupaten Sampang. untuk itu banyak potensi yang perlu digali melihat mata pencaharian masyarakat Desa yakni rata-rata sebagai penggarap garam.

Baca juga: Keluarga Korban Penganiayaan NYS, Lapor Ke Polres Pamekasan

Dari potensi tersebut, sebagian masyarakat Desa  Pangarengan sudah ada yang mulai menggarap sejumlah produk dari bahan garam spa. Produk yang ia sebut yaitu sabun, lulur, dan skincare.

“Jadi dari garam ini kita tidak hanya memproduksi garam konsumsi saja, tetapi juga membuat produk dari garam spa,” ujarnya.

Baca juga: Progres Pemasangan Traffic Light di JLS Sampang Sudah 67 Persen

Dikatakannya, kedepan, Desa Pangarengan mempunyai banyak rencana salah satunya yaitu untuk membangun warung apung dan kolam apung.

Kemudian, Kepala Bidang (Kabid) penataan dan kerja sama Desa, Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Kabupaten Sampang, Taufik Affan, mengapresiasi Pemerintahan Desa pangarengan yang sudah mendapatkan reward sebagai Desa mandiri dari kementrian Desa.

Baca juga: Bea Cukai Madura Menegaskan Tembakau Iris yang Tercampur Bahan Lain Wajib Memiliki Izin

“Ada tiga Desa yang mendapatkan reward sebagai Desa mandiri diantaranya, Desa Pangarenga, Desa Jelgung, Kecamatan Robatal, dan Desa Banyuates Kecamatan Banyuates,” tandasnya.

>>> Ikuti Berita dan Artikel Idpost.co.id di Google News